Cara Mengobati Luka Bernanah Pada Anak

By | Agustus 10, 2018

Luka di kulit anak anda menjadi bernanah dan berair, sehingga sulit kering ?? Apakah ada cara alami untuk menyembuhkan luka bernanah tersebut ?? Tenang, anda pasti akan menemukannya disini dengan berbagai Cara Mengobati Luka Bernanah Pada Anak anda tersebut dan dapat mudah di aplikasikan di rumah.

Cara Mengobati Luka Bernanah Pada Anak

Sebelum anda mengetahui berbagai cara alami untuk mengobati luka bernanah, tidak ada salahnya anda juga perlu mengetahui kondisi asal dari timbulnya luka bernanah tersebut, simak pembahasannya berikut.


Luka di kulit yang terdapat nanah di dalamnya, biasanya di akibatkan dari luka yang terinfeksi oleh bakteri atau jamur. Maka kondisinya akan menimbulkan nanah di bawah permukaan kulit, dengan warna kuning kehijauan. Ada kalanya nanah tersebut dapat berubah warna menjadi hijau, hal itu terjadi karena mengandung myloperoxidase sejenis protein antibactery hijau di hasilkan dari sel darah putih.

Selain itu, infeksi pseudomonas aerugionosa juga dapat menimbulkan nanah dengan warna hijau serta mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Pada umumnya bau aroma tersebut timbul akibat infeksi anaerobik. Infeksi dari anaerobik dapat muncul di bagian jaringan tubuh dalam seperti cedera, gigitan operasi atau luka trauma.

Adapun tanda-tanda sebelum munculnya nanah dari luka tersebut, seperti : Warna kulit menjadi kemerahan, munculnya benjolan kecil dan bintik-bintik atau lecet, gatal-gatal, permukaan kulit menjadi kering serta pecah, pecah sehingga terlihat bersisik. Kondisi tersebut dapat terjadi pada bagian lengan, kaki atau seluruh tubuh. Terkadang rasa gatal yang ditimbulkan akan berlangsung lama, dan pada saat menggaruk kulit yang terasa gatal, otomatis bagian kulit lainnya akan merasakan.

Maka nantinya kulit yang sering di garuk akan mudah terluka, sebab luka garukan dapat menyebabkan kulit menjadi infeksi. Jadi sebaiknya anda jangan terus-terusan menggaruk kulit yang terasa gatal, lebih baik anda kompres saja menggunakan air hangat.

Jadi itu tadi, penjelasan singkat mengenai luka bernanah tersebut. Bukan hanya itu saja, kulit bernanah dapat mengurangi penampilan serta menurunkan percaya diri seseorang, apalagi jika terdapat pada kulit tubuh yang mudah terlihat seperti tangan dan kaki atau bagian lainnya. Nah untuk mengetahui apa saja cara mengobati luka bernanah pada anak yang secara alami, berikut di bawah ini caranya :

• Kulit Kayu Putih

Bila anda khawatir dengan luka bernanah yang membuat anda tidak nyaman dan tidak percaya diri, kulit kayu putih bisa dijadikan solusi untuk pengobatannya. Hal ini karena tanaman kayu putih sudah diketahui mempunyai kemampuan untuk mengeringkan luka bernanah..

Di dalam kulit kayu putih juga ada sifat analgesik sehingga bisa meredakan rasa nyeri pada luka di tubuh anda. Sementara itu, untuk obat peradangan, bahan tersebut memiliki agen desinpektan tradisional yang dapat atasi peradangan ini. Cara mengolahnya cukup sederhana untuk membuat obat dari bahan ini.

Cara mengolahnya : Siapkan kulit kayu putih dan bahan lainnya, yaitu jahe dan asam jawa, kemudian semua bahan tersebut anda cuci terlebih dahulu. keringkan dulu sejenak agar tidak terlalu basah, selanjutnya menumbuk ketiga bahan hingga tekstur-nya halus. Setelah selesai anda dapat mengunyah langsung obat ini, atau dapat dibalurkan ke luka nanah, lakukan cara ini setiap hari sehari 2 kali.

• Lengkuas

Bumbu dapur seperti lengkuas ternyata sungguh bermanfaat dalam membantu mengobati luka yang bernanah tersebut. Jika di rumah anda tidak ada kulit kayu putih atau sulit menemukannya, terdapat bahan yang lebih mudah. Sebab bumbu dapur yang satu ini selalu ada, anda bisa menggunakannya untuk mengeringkan luka bernanah yang sulit kering.

Cara mengolahnya : Siapkan lengkuas secukupnya saja & anda harus menumbuknya terlebih dahulu sampai benar-benar halus. Bila menginginkan hasil yang optimal dalam pengobatannya, anda dapat menambahkan bawang putih sedikit saja. Tumbuklah kedua bahan tersebut hingga halus & balurkan ke area luka bernanah. gunakan cara ini selama 3 hari, jika anda melakukan penanganan tersebut secara rutin, maka akan mendapatkan hasil pengobatan kulit berananah secara optimal.

• Daun Pulai Kering

Ada berbagai alasan & faktor penyebab luka tidak cepat kering & malah umumnya berkelanjutan dengan munculnya nanah pada luka tersebut. Pada saat nanah mulai muncul, kebanyakan orang panik dan beranggapan bahwa luka tersebut akan lama sembuh. Tetapi, untuk solusinya sangat banyak sekali yang dapat anda gunakan, seperti dengan bahan alami satu ini.

Cara mengolahnya : Siapkan daun pulai kemudian anda keringkan, atau anda bisa membelinya jika proses pengolahannya lebih instant. Daun pulai kering tersebut bisa anda tumbuk sampai halus & anda dapat menambahkan air secukupnya. setelah itu tempelkan obat ini ke area luka bernanah, & balutlah menggunakan kain kasa. Kain tersebut bisa anda ganti setiap 6 jam sekali agar kebersihan tetap terjaga.

• Daun Senggugu

Bahan alami lainnya yang dapat anda gunakan untuk mengatasi luka bernanah ialah dengan menggunakan daun senggugu. Tanaman atau daun yang bernama latinnya Clerodendron serratum tersebut bisa digunakan untuk mengobati luka bernanah juga efektif dijadikan sebagai obat borok.

Cara mengolahnya : Untuk mengatasi luka bernanah, dengan menggunakan daun tersebut, sangat sederhana sekali, yaitu dengan merebus daun senggugu segar yang telah dicuci hingga bersih. Kemudian rebus dengan air mendidih sampai isinya airnya berkurang jadi ½ atau ¾ dari takaran semula. Setelah selesai angkatlah & dinginkan, kemudian gunakan air  rebusan daun senggugu tersebut untuk mencuci area luka bernanah. Luka bernanah bakal cepat mengering jika anda rutin & teratur memakai metode ini.

• Minyak Jaitun & Bawang Merah

Luka bernanah bukanlah suatu perkara yang perlu membuat anda khawatir, sebab bahan tradisional seperti bawang merah & minyak jaitun dapat dijadikan sebagai obat luka bernanah tersebut. Hal ini telah dibuktikan bahwa campuran kedua bahan tersebut bisa  dijadikan sebagai penyembuh bengkak, borok dan bernanah.

Cara mengolahnya : Mulailah dengan menyediakan sesiung bawang merah, kupas, cuci, & iris-irislah. Campurkan ebrsama dengan minyak jaitun, kemudian hangatkan terlebih dahulu namun jangan hingga digoreng. Kemudian tempelkan obat ke area luka bernanah, setelah itu pakai kain kasa sebagai penutup bagian luka bernanahnya. Jangan khawatir dengan efek dari bawang merah yang akan terasa panas di kulit, ganti kain kasa setelah 6 jam.

• Bubuk Kopi

Kopi ternyata tidak hanya nikmat buat dikonsumsi setiap pagi buat mengawali hari anda, namun kopi juga bermanfaat dalam mengatasi luka, termasuk luka bernanah. Hal ini karena kopi merupakan sumber anti-bakteri sehingga bisa membasmi bakteri seperti Methicillin Resistant Starhyloccus Aureus. Bakteri itulah yang rata-rata terdapat di luka nanah.

Cara mengolahnya : Tidak perlu bingung sebab anda hanya memakai bubuk kopi-nya saja, yaitu cukup dengan menaburkan-nya ke daerah luka nanah anda. Maka dengan cara ini dapat membuat jauh lebih baik & bahkan disarankan buat memakai kopi hasil gilingan atau tumbukan sendiri. Penaburan mesti dilakukan merata hingga menutupi area luka-nya.

Selama pengaplikasiannya, ini tidak bakal membuat perih luka ini, malah justru bakal terdapat rasa sejuk & adem sebagai efeknya. Tidak usah menaburinya tebal-tebal. Luka jangan ditekan dengan tujuan buat membuat kopi dapat masuk ke dalam. Tutuplah luka dengan bahan kedap air agar air tidak terkena pada area ini.

• Kulit Buah Jeruk Bali

Ada satu lagi alternatif obat buat luka bernanah yang cukup mudah buat anda peroleh, yaitu buah jeruk bali. Jika anda telah memperoleh & menyiapkan buah jeruk bali, bukan buahnya yang bakal dipakai buat proses penanganan. Tetap kulitnya karena bagian tersebut sangat efektif sekali dalam menangani luka nanah & borok sekalipun.

Cara mengolahnya : Dalam memakainya, anda perlu menjemur kulit buah jeruk bali terlebih dahulu sampai kering. Sesudah kering, lanjutkan dengan membakarnya namun tidak disarankan buat pembakarannya anda jadikan satu dengan bahan bakar lain. Bakar hingga memiliki bentuk arang, kemudian arang kulit buah jeruk bali inilah yang perlu anda tumbuk. Tumbuk sampai halus, setelah selesai bisa anda balurkan ke area luka bernanah hingga merata. Lakukan penanganan dengan bahan tersebut 2 kali sehari setiap pagi & sore. agar mendapatkan hasil yang memuaskan di mana nanah mengering & luka juga bakal cepat sembuh.

• Kunyit

Jika kunyit merupakan salah satu bahan yang sering dijadikan cara mengatasi kurap dan cara menghilangkan bekas luka knalpot paling ampuh, tentu untuk luka bernanah juga dapat dicoba. Karena kunyit memiliki kandungan sifat antibiotik yang sangat baik dalam mengobati penyakit kulit. Bahkan bekas luka yang sudah lama juga bisa hilang dengan menggunakan bahan tersebut dengan cara teratur.

Cara mengolahnya : Siapkan kunyit secukupnya lalu anda parut. Setelah di parut, lalu anda peras parutan kunyit tersebut agar airnya dapat anda ambil & digunakan. Bersihkan dahulu luka bernanah anda dengan air garam, barulah obat alami sari dari parutan kunyit tadi dibalurkan ke bagian luka secara merata. Lakukan cara ini secara rutin sehingga hasil pengobatannya akan luar biasa & mengobati luka bernanah dengan cepat.

Alternatif : Atau, anda pun dapat mencampurkan bubuk kunyit secukupnya dengan madu murni sedikit. setelah di campur dan diaduk hingga merata, bahan tersebut siap anda gunakan dengan cara dioleskan ke kulit luka yang bernanah.

• Air Hangat & Garam

 

Larutan NaCl  bisa anda buat sebagai salah satu obat untuk luka yang bernanah. Anda hanya menyediakan air hangat dan garam secukupnya, kemudian campurkan garam ke air hangat tersebut. caranya hanya di oleskan atau di basuh. Lakukan cara ini secara rutin, yaitu sehari 3 kali, agar bakteri didalam luka bisa segera terbasmi. Juga air garam hangat tersebut memiliki fungsi untuk membersihkan nanah.

• Teh Hijau

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda, teh hijau ini merupakan bahan tradisional yang sangat efektif yang dapat digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan luka bernanah. Sebab kandungan anti-oksidan yang tinggi pada teh hijau ini dapat membasmi kuman atau bakteri yang menyebabkan luka menimbulkan nanah.

Cara mengolahnya : Digunakan sebagai minuman keseharian anda dengan takaran 3 cangkir per hari. Bahan tersebut bukan untuk obat luar saja, melainkan teh hijau bisa membantu pemulihan lebih cepat dari dalam tubuh dengan cara meminum teh tersebut secara rutin. Nanah bakal cepat kering & luka dapat sembuh sampai total.

• Calendula

Di dalam bunga ini memiliki kandungan anti-mikroba dan anti inplamasi, Calendula tersebut merupakan bahan tradisional lainnya yang dapat anda gunakan untuk mengatasi / mengobati luka bernanah. Mengapa calendula sering direkomendasikan sebagai obat penyembuh luka bernanah, yaitu tadi karena mimiliki dua kandungan yang sangat bagus untuk mengatasi luka bernanah. Secangkir teh calendula 1 sendok konsumsi kembang calendula yang di seduh bersama 250 ml air dapat dikonsumsi untuk meredakan luka bernanah.

• Madu

Seperti yang anda ketahui, bahwa madu ialah bahan tradisional yang dikenal ampuh dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi memang tidak salah jika anda memilih madu, terutama madu murni, untuk mengobati luka yang mengeluarkan nanah. Di dalamnya memiliki kandungan zat giji dan senyawa-senyawa, apalagi memiliki sifat anti-oksidan.

Tidak perlu anda gunaka langsung cara ini ke luka bernanah ini. Namun anda cukup dengan memasukkan madu ke dalam menu makanan keseharian anda. Konsumsilah madu murni 3 kali sehari sendok makan kali minum. cara tersebut akan membantu luka bernanah kering dengan penanganan dari dalam tubuh.

• Kamomil

Kamomil umumnya ialah bahan yang bisa dibuat menjadi teh & telah jelas bahwa bahan tersebut juga sungguh banyak memiliki senyawa yang baik untuk kesehatan. Serta memiliki sifat anti inflamasi atau peradangan.

Cara mengolahnya : Siapkan biji kamomil secukupnya kemudian anda tumbuk atau hancurkan lebih dulu. Barulah sesudah itu anda dapat menyeduh hasil tumbukan atau gilingan biji kamomil tadi. setelah itu saring terlebih dahulu, tunggu hingga dingin, barulah anda dapat menggunakannya dengan cara membasuh bagian kulit yang terluka & bernanah tadi dengan ramuan tersebut.

Alternatip : Bila anda takut untuk membasuhnya secara langsung, silakan ambil kain bersih kemudian celupkan ke dalam teh biji kamomil yang telah dingin. Setelah itu, anda tinggal menempelkan saja kain tersebut di atas luka bernanah. Tempelkan sekitar 1 jam, & sesudah itu dapat anda angkat. Gunakan cara ini agar pengobatan luka bernanah cepat kering.

• Bawang Putih

Selain dari bawang merah, bumbu dapur yang gampang ditemui lainnya ialah bawang putih. Efek negatif yang di timbulkan dari bawang putih bukanlah problem sebab khasiat bawang putih tersebut jauh lebih besar.

Cara mengolahnya : Silakan sediakan 1-2 siung bawang putih atau sebagian siung tergantung dari seberapa besar luka bernanahnya. Sesudah dikupas, tumbuklah hingga halus & jadi adonan pasta, setelah selesai barulah anda balurkan ke atas luka nanah secara langsung dan merata. Diamkan selama 30 menit meski memang di proses menunggu bakal terdapat perasaan gatal atau perih-perih sedikit.

Saat anda merasakan adanya perasaan perih atau gatal dari ramuan bawang putih yang ditempel pada luka, tahanlah sebab itu artinya senyawa didalam bawang putih sedang membasmi bakteri pada luka bernanah tersebut. Dalam beberapa waktu hari kedepan, anda pasti bakal mendapatkan hasil yang sangat memuaskan, di mana nanah mengering & luka sehat dengan cara lebih cepat.

• Biji Fenugreek

Sekalipun belum pernah memakainya, pasti anda pernah mendengar mengenai biji penugreek ini. Selain dapat di manfaatkan sebagai cara mengobati keputihan pada perempuan & juga obat alami penyakit diabetes, penugreek tersebut dapat bermanfaat untuk digunakan sebagai obat luka nanah. Hal itu semua berkat adanya sifat antibiotik dan antiseptik didalamnya.

Cara mengolahnya : Sediakan biji penugreek 1 sendok, kemudian gilinglah sambil ditambahkan sedikit air buat membuat pasta. cara ini digunakan langsung ke area kulit yang terluka & bernanah untuk mencegah peradangan & nanah yang lebih serius.

Itulah tadi di atas, Cara Mengobati Luka Bernanah Pada Anak secara alami dan mudah anda gunakan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan berguna untuk anda. Salam Sehat..!!

Sort by : Kampung Obat Herbal

Cara Mengobati Luka Bernanah Pada Anak

Cara Mengobati Luka Bernanah Pada Anak | DENGAN BAHAN ALAMI
Cara Mengobati Luka Bernanah Pada Anak | DENGAN BAHAN ALAMI
Cara Mengobati Luka Bernanah Pada Anak | DENGAN BAHAN ALAMI
Cara Mengobati Luka Bernanah Pada Anak | DENGAN BAHAN ALAMI
Cara Mengobati Luka Bernanah Pada Anak | DENGAN BAHAN ALAMI
obat luka bernanah di apotik
obat minum untuk luka bernanah
obat luka bernanah dan bengkak
cara mengobati luka bernanah di lutut
nanah pada luka sebenarnya adalah
cara mengobati luka infeksi
obat luka bernanah dan berair
obat antibiotik untuk luka bernanah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *